[Updated] – Pembuatan Paspor Secara Online

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someonePrint this page

Pasport, sebuah dokumen yang sangat penting jika kita bepergian ke luar negeri. Setelah sebelumnya dibahas mengenai pembuatan paspor disini dan pembuatan paspor secara online, ternyata ada beberapa perubahan di bagian Imigrasi. Perubahan tersebut akan dipaparkan  di [Updated] – Pembuatan Paspor Secara Online.

Beberapa informasi yang bisa disampaikan antara lain adalah:

  1. Paspor 24 dan 48 kini memiliki kedudukan yang sama, hanya berbeda pada jumlah halaman dan biaya pembuatan. Sebelumnya paspor 24 memiliki keterbatasan karena hanya berlaku dibeberapa negara sedangkan paspor 48 lebih umum diterima dibanyak negara.
  2. Untuk beberapa kantor Imigrasi sudah diterapkan One Stop Service, dimana proses bisa dilakukan tanpa harus berkali-kali datang ke kantor Imigrasi.
  3. Biaya pembuatan paspor menjadi : Rp. 300.000 (paspor 48), Rp. 100.000 (paspor 24) dan Rp. 600.000 (paspor elektronik). Ditambah dengan biaya pengambilan biometrik sebesar Rp. 55.000.

Langkah-langkah dalam pembuatan paspor online sebagai berikut:

  1. Buka alamat http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/faces/InetMenu.jsp pada browser anda. Jika tidak bisa terbuka, coba gunakan Internet Explorer atau periksa kembali jaringan internet anda apakah port 8080 diblok atau tidak.
  2. Pilih Pra Permohonan Personal. Kemudian masukkan data pemohon paspor.  Untuk penggantian paspor, masukkan nomor paspor lama. Untuk kolom email, hanya satu akun email yang bisa digunakan untuk satu permohonan. Untuk kolom pekerjaan, masukkan wiraswasta jika kesulitan mendapat surat keterangan dari kantor. Jika sudah klik tombol Lanjut.
  3. Lanjutkan pengisian data pemohon. Kemudian klik tombol Lanjut.
  4. Kemudian akan ada rangkuman dari data yang anda input. Beserta rincian biaya yang diperlukan untuk membuat paspor. Untuk metode pembayaran bisa menggunakan teller Bank BNI46. Jangan lupa cek ketersediaan tanggal pada kantor imigrasi yang anda pilih. Jika sudah klik tombol OK.
  5. Cek email anda (sesuai dengan yang diisi pada halaman pertama data pemohon). Cetak attachment yang ada, lalu dibawa ke Bank BNI46 untuk melakukan pembayaran. Disini akan dikenakan biaya admin Rp. 5.000 jadi total pembayaran adalah Rp. 360.000.
  6. Setelah melakukan pembayaran, buka kembali email anda kemudian klik LANJUT atau copy url yang terdapat pada email tadi.
  7. Masukkan nomor jurnal bank yang tercetak pada bukti pembayaran anda, lalu pilih tanggal kedatangan anda. Kemudian klik tombol Lanjut. Maka akan ada email baru dari pihak Imigrasi, dicetak dan dibawa pada saat datang ke Kantor Imigrasi.

Sampai disini proses online selesai. Selanjutnya anda diharuskan datang ke Kantor Imigrasi sesuai dengan yang anda pilih pada saat pengisian data pemohon.

Hal yang harus dipersiapkan sebelum datang ke Kantor Imigrasi:

  1. KTP (Asli dan Fotocopy). Di copy pada kertas A4 tanpa dipotong.
  2. Kartu Keluarga (Asli dan Fotocopy).
  3. Ijazah / Akte Kelahiran / Surat Nikah (Asli dan Fotocopy).
  4. Surat keterangan dari kantor (asli).
  5. Attachment dari email (pembayaran dan undangan).
  6. Bukti pembayaran bank.

Kemudian datang pagi-pagi ke Kantor Imigrasi,  Langsung ke Koperasi lalu minta formulir, surat pernyataan, materai Rp. 6000 dan map (jika belum ada) . Setelah itu isi formulir dan surat pernyataan. Jika semua persyaratan telah siap, masukkan kedalam satu map yang sama (dokumen asli tetap anda pegang). Lalu letakkan dimeja antrian khusus Online dan tunggu nama anda dipanggil untuk mendapatkan nomor antrian pengecekan dokumen. Setelah proses pengecekan dokumen selesai, anda akan diberikan bukti tanda terima dokumen dan jadwal untuk wawancara dan foto (biasanya keesokan harinya).

Datang pada hari sesuai yang tertera pada bukti tanda terima dokumen dengan membawa dokumen asli (KTP, KK, Akte Kelahiran, Ijazah, Surat Nikah), lalu letakkan bukti tanda terima dokumen tersebut pada meja antrian. Lalu tunggu giliran untuk wawancara dan pengambilan foto.  Gunakan kemeja, dan tidak berwarna putih. Untuk jilbab, sebaiknya yang polos dan tidak berwarna putih. Setelah selesai, tunggu paling lambat empat hari kerja untuk pengambilan paspor dan diatas jam satu siang. Selamat anda sudah memiliki paspor.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someonePrint this page