Tetap Eksis di Malaysia

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someonePrint this page

Bahas paspor sudah, transportasi sudah, penginapan sudah, tiket race pun sudah. Trus apalagi yang kurang? Oh iya, internet. Jaman sekarang apa sih yang ga butuh internet. Sosial media dari Facebook sampe Path, aplikasi messaging dari BBM, Whatsapp, Line dll. Untuk telpon pun bisa menggunakan internet, dan beberapa aplikasi messaging sudah mendukung penggunakan VoIP. Intinya sih biar Tetap Eksis di Malaysia ­čśÇ Nah gimana agar kita tetap bisa menggunakan internet selama di Malaysia? Yuk coba kita bahas.

Ada tiga pilihan yang bisa digunakan untuk akses internet di Malaysia. Menggunakan operator Indonesia seperti sekarang (nomor Indonesia), mengganti dengan operator lokal Malaysia (nomor lokal) dan yang terakhir memanfaatkan wi-fi gratis yang ada dibeberapa tempat (jarang ada yang gratis, dan terkadang dibatasi lama penggunaannya). Mari coba kita bahas masing-masing pilihan.

Pertama, menggunakan nomor Indonesia. Jika kalian ke Malaysia hanya untuk menonton MotoGP (pergi sabtu dan pulang minggu) atau dalam waktu yang cukup singkat (1-2 hari) lebih baik tetap menggunakan nomor Indonesia. Kalian bisa mengaktifkan fitur roaming internasional dengan menelpon customer service operator yang digunakan. Untuk biaya memang sedikit lebih mahal, namun bisa lebih hemat dibandingkan dengan membeli nomor lokal. Dan biasanya ada promo dari operator nomor Indonesia yang memberikan fasilitas bebas roaming selama beberapa hari di negara Asia Tengara dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Kedua, dengan menggunakan nomor lokal. Jika kalian tinggal selama beberapa hari (lebih dari 3 hari) atau lebih sering melakukan komunikasi disana, disarankan untuk menggunakan nomor lokal. Biasanya backpacker Sepang menggunakan nomor lokal, karena selain untuk internet, juga untuk melakukan panggilan telpon selama berada di Malaysia. Untuk nomor lokal ada beberapa pilihan diantaranya:

1. TuneTalk.
TuneTalk Menyediakan dua pilihan paket untuk wisatawan yaitu paket untuk 7 hari dan 14 hari. Masing-masing paket terdiri dari pilihan Free paket data sebesar 50Mb / hari selama 7 atau 14 Hari atau Free BIS selama 7 atau 14 hari. Namun untuk telpon dan sms harus mengisi pulsa terlebih dahulu. Tidak direkomendasikan karena cukup mahal yaitu RM 30 untuk 7 hari dan RM 60 untuk 14 hari.

2. Maxis.
Operator maxis menyediakan sim pack dengan harga sekitar RM 8.80. Dalam paket ini sudah termasuk pulsa RM 5. Untuk paket internet ada paket harian RM 2 (100Mb) dan RM 5 (500 Mb). Konter Maxis berada di terminal kedatangan di KLIA2.

3. Digi.
Operator Digi menyediakan starter pack untuk wisatawan seharga RM 10.80.  Dalam paket ini sudah termasuk pulsa RM 6 dan bebas internet selama 2 hari dari tanggal pengaktifan. Setelah 2 hari, kalian bisa memilih paket internet harian RM 3 (150 Mb),  atau mingguan RM 15 (700 Mb). Jika kalian mendarat di KLIA2, lokasi konter Digi ada di level 2. Cukup direkomendasikan oleh beberapa backpacker yang sering ke Malaysia.

4. Celcom
Operator Celcom juga menyediakan sim pack untuk traveller. Dalam paket ini sudah tersedia pulsa RM 3. Untuk menikmati internet, tersedia paket harian RM 5 (500 Mb) atau RM 18 (1 Gb) untuk seminggu. Konter Celcom berada di level 2 KLIA2.

Nah, silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan kalian selama berada di Malaysia┬ákarena kita harus Tetap Eksis di Malaysia ­čśÇ

– ciao –

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someonePrint this page