First Ride Yamaha R25

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someonePrint this page
Yamaha R25 yang disediakan untuk tes
Yamaha R25 yang disediakan untuk tes

Bicara motoGP, tidak bisa lepas dari persaingan dua merk besar sepeda motor dunia, begitu juga di Indonesia. Kali ini nobarmotogp.com mendapatkan undangan dari Yamaha Indonesia untuk test drive jagoan baru mereka, Yamaha R25!!

Acara dengan nama First Ride R25 Owner ini dilaksanakan di sebuah tempat dekat Ancol pada hari Sabtu 21 Juni 2014. Pada event kali ini Yamaha kembali mengundang 100 pembeli pertama Yamaha R25 dan beberapa teman blogger setelah sebelumnya mengadakan acara The World First R25 Owner Dinner. Acara ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar mengenai Yamaha R25 dan juga memberikan kesempatan kepada para pembeli untuk “mencicipi” Yamaha R25 (maklum pengiriman baru akan dilakukan sekitar bulan Agustus nanti). “Yahh..  Gagal deh lebaran pake motor baru,” kata seorang pembeli sambil tertawa.

Kesan pertama yang muncul ketika melihat motor ini adalah “Sangar”. DNA YZF terlihat pada headlamp dan fairing depan. Selebihnya seperti motor sport kebanyakan, body meruncing, cakram depan dan belakang terlihat kokoh. Secara umum terlihat serasi antara desain yang cantik, berotot, dan sangar. Jangan dibayangin cewek cantik berotot dan sangar yah.

Tampak Depan Yamaha R25
Tampak Depan Yamaha R25
Tail Yamaha R25
Tail Yamaha R25
Tail Yamaha R25
Tail Yamaha R25

Oh iya, disini saya tidak banyak membahas masalah teknis karena sudah banyak dibahas oleh teman blogger yang lain, saya akan fokus pada test ride. Seperti motor sport pada umumnya, lampu indikator dashboard menyala dan proses engine check berjalan untuk memastikan motor dalam kondisi baik dan normal ketika kunci kontak diputar ke posisi ON. Hal yang menarik adalah ketika mesin dihidupkan. Dengan mesin standar, ECU standar, putaran mesin bisa dengan mudah menyentuh angka 14.000 RPM. Wow.

Lanjut ke riding position, dengan tinggi badan 175 cm, saya tidak mendapatkan masalah sama sekali malah bisa dikatakan Pas. Kaki menapak sempurna. Sebelum tes, saya pastikan dulu kondisi nyaman (stel kopling agar hentakan akselesari lebih terasa hehe). Dengan dipandu oleh instruktur, saya dan peserta lainnya melewati putaran pertama area tes dan diberikan dua putaran tambahan untuk mengeksplorasi kemampuan yang dimiliki oleh Yamaha R25. Sayang area tes yang disediakan terbatas untuk melakukan cornering. Mungkin karena tes kali ini untuk penggunaan sehari-hari.

Di area lurus yang tersedia, kekuatan akselerasi sangat terasa walaupun belum mencapai top speed. Rem belakang sedikit slide pada saat hard braking, mungkin karena area tes menggunakan conblock yang sedikit kotor dibeberapa bagian. Walaupun demikian, motor masih sangat terkendali.

Berikutnya masuk ke area dengan tikungan lambat dan zigzag. Stang terasa ringan mirip dengan handling pada Byson saya. Dengan posisi stang yang agak tinggi, cukup nyaman untuk dipakai harian. Melewati tanggul atau polisi tidur tanpa rem, suspensi motor bekerja dengan baik dan lembut terutama suspensi depan yang lagi-lagi terasa seperti Byson. Sekilas diameternya sama dengan Byson.

Dua putaran yang diberikan oleh panitia tentu terasa sangat singkat untuk mencoba seluruh kemampuan dari Yamaha R25. Secara umum motor ini terlihat sporty dengan DNA YZF R series, memiliki akselerasi sangat baik, handling cukup nyaman untuk digunakan sehari-hari. Sesuai dengan tagline Yamaha R25 “A Superbike You Can Ride Everyday”. Jadi kepikiran kalau Yamaha R25 dibuat versi naked, pasti enak dipakai untuk turing, ditambah box pannier alumunium kanan kiri siap menyusuri jalan di seluruh Indonesia.

Akhir kata, sudah siap untuk nonton MotoGP belum? Yuk gabung Backpacking Nonton MotoGP Sepang hehe

Freestyler bersiap-siap
Freestyler bersiap-siap
Awas jatuh neng
Awas jatuh neng
http://i804.photobucket.com/albums/yy330/djarwoajah/motion%20blue%20-%20test%20ride%20r25/DSC06041_zpsfe471854.jpg
Aksi freestyler dengan Yamaha R25
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInEmail this to someonePrint this page
2 Comments